Wicca 

​Budaya, sejarah, jenis kelamin, keluarga, politik, dan semua batas-batas pengetahuan konvensional membentuk jiwa kita, kehidupan kita, dari masa kanak-kanak. 

Kutipan Dari: “Wicca: A Year and A Day : 366 Days of Spiritual Practice in the Craft of the Wise” oleh Timothy Roderick.


Istilah Wicca bagi masyarakat Indonesia mungkin masih terdengar asing dan tidak umum. Padahal Wicca sudah menjadi bagian dari diri kita sejak kita semua dilahirkan. Wicca bukanlah sebuah agama, melainkan lebih kepada hubungan manusia dengan alam semesta. Bahwa manusia adalah bagian dari kosmos. Setiap tingkah laku manusia memengaruhi keadaan kosmos alam semesta yang lebih besar, yang tentunya berimbas juga kedalam kehidupannya sehari-hari. Menjadi seorang Wicca tidak harus melalui pembaitan dari seorang Master Wicca. We are all the master of our own life.. 
Dari pengalaman pribadi, kesehatan adalah salah satu hal yang paling utama. Kesehatan yang didapatkan langsung dari alam. Berkat alam. Bukan kesehatan instan dari iklan obat-obatan. Tubuh fisik manusia terbatas. Bagaimana bisa mendapatkan kesehatan dari racun pabrik. Racun kimia merusak sistem metabolisme tubuh dari sejak kita kecil. Paparan polusi udara dari kendaraan, pola makan yang tidak organik akibat maraknya makanan siap saji, radiasi gelombang listrik dari televisi dan radio, rumah yang dibangun diatas tanah yang diratakan, dll. Tidak perlu menyalahkan siapa-siapa. Cukup tahu saja dan mulai berdayakan diri untuk melindungi kita dari bahaya modernisasi. Jika terasa sangat sulit, mulailah dengan mengurangi kebiasaan buruk. 

Meditasi juga praktik terpenting dalam Wicca. Sama seperti ajaran spiritual yang lain, meditasi dibutuhkan agar kita tetap fokus. Tidak mengawang-awang, tetap membumi dan sadar sesadar-sadarnya. Ya, sesadar-sadarnya. Bukan ilusi, bukan khayalan, bukan fantasi ala film. Saya pengalaman kaki lumpuh, kemudian sembuh dan bisa jalan kaki lagi, apalah itu sebuah fantasi? Khayalan? Ilusi? Tidak. Apa yang saya alami itu nyata adanya. Sebuah bukti. Keteguhan dan disiplin memberdaya diri adalah kuncinya. Memberdaya diri dalam hal apa? Dalam mendekatkan diri dengan alam dan sadar bahwa tubuh fisik saya selama ini sakit, butuh diperhatikan. Saya kurang peka bahwa tubuh ini meronta sakit akibat kesalahan saya sendiri. Selama proses dari kelumpuhan sampai bisa jalan lagi, saya tidak tahu apa itu Wicca. Saya tidak melekatkan diri dengan sesuatu ajaran spiritual khusus saat itu. Saya hanya bersyukur bisa bangun pagi dan melakukan yang terbaik sesuai kemampuan setiap harinya. Sedikit banyak saya juga belajar meditasi dari almarhumah ibu. Sangat membantu sekali. 

Saya mulai terkoneksi dengan dunia Wicca sekitar 6 bulan sesudah sembuh, 2013, di masa-masa kehamilan Willem. Tapi, saya tidak melakukan ritual membakar lilin atau meletakkan sebuah pisau athame di kamar. Melainkan mengubah pola makan, minum, mengeliminasi kebiasaan merokok, dan perbanyak gerak. Apa hubungannya dengan Wicca? Keseimbangan, kebiasaan, yang terhubung dengan alam. Apa yang saya lakukan kembali kepada diri saya berkali-kali lipat. Saya hanya makan sayur dan buah, hasilnya lebih sehat. Saya tidak merokok, hasilnya lebih sehat. Kualitas hidup saya semakin membaik. Dan kesemua itu bisa saya dapatkan tanpa menggunakan mantra apapun. Itulah Wicca yang sesungguhnya. Hasil didapatkan dari sikap dan tindakan sendiri. Ibu Bumi menyayangi kita semua. Sudahkah kita sayang kepada Ibu Bumi? Menyayangi Ibu Bumi dimulai dari menyayangi diri sendiri. Kesadaran diri. Juga kesadaran mental dan spiritual. Kesadaran fisik dan psikologis. Kesadaran holistik… Kesadaran menyeluruh…

Semoga semua makhluk berbahagia,

Leave a Reply

